Rabu, 07 Desember 2011

Makna Gerakan Sholat menurut Jawa

Menurut Jawa, orang melakukan sholat itu selain mendekatkan diri kepada Illahi juga untuk mengingatkan asal mula manusia itu sendiri. Yang mana diharapkan manusia itu memiliki sifat yang sama seperti 4 elemen ini :
1. Api
    Sifat dari api itu adalah tegak. Ketika kita menyalakan korek api, walaupun korek itu diarahkan ke bawah atau ke samping, api itu akan tetap berdiri tegak ke atas. Untuk itu di dalam sholat, terdapat gerakkan takbirotul ikhram. Yang mana disitu diharapkan manusia memiliki sifat teguh hati, berpendirian, dan konsisten.

2. Angin
    Sifat dari angin itu adalah jujur. Ketika ada teman disebelah kita ada yang kentut, yang memberi tahu kita pertama kali kalau ada yang kentut itu adalah angin. Iya kan? Sekarang kita lihat pada pohon yang diterpa angin, daun-daun pohon itu mengarah ke bawah. Seperti gerakan rukuk dalam sholat. Diharapkan manusia itu memiliki pribadi yang jujur.

3. Air
   Sifat dari air itu adalah jernih. Air yang keluar dari sumbernya pasti jernih tidak ada yang keruh. Air  
  menjadi  keruh itu karena ulah tangan manusia. Air mengalir dari tempat yang tinggi ke rendah. Digambarkan dalam gerakan sholat yaitu sujud. Diharapkan manusia itu memliki jiwa yang jernih seperti air yang baru keluar dari sumbernya.

4. Tanah
   Sifat dari tanah itu adalah amanah. Ketika kita menanam jagung pada tanah, pasti yang akan tumbuh disitu adalah jagung bukan malah pohon mangga. Dalam gerakan sholat digambarkan pada duduk tawaruk. Diharapkan manusia itu bila diberi amanat, akan menjaga amanat itu dengan baik.







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar